Text
Daya ingat super : program kilat penyempurnaan daya ingat
Penelitian ini mengambil variabel daya ingat karena daya ingat anak
penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya
ingat anak melalui metode One Day One Ayat di TK Masyithoh Al-Iman Bandung
Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 TK
Masyithoh Al-Iman Bandung jetis sebanyak 17 anak. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode tes lisan dan dokumentasi. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar penilaian tes lisan. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini apapila perhitungan persentase menunjukkan
78,3% dari 17 anak memiliki daya ingat pada kriteria Tinggi (T).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya ingat anak dapat meningkat
melalui metode One Day One Ayat. Hal ini dapat dibuktikan pada kondisi awal
anak sebelum dilakukan tindakan menunjukkan sebagian besar anak berada pada
kriteria Rendah (R). Pada Siklus 1 daya ingat anak meningkat berada pada kriteria
Tinggi 23,52% anak berhasil mencapai kriteria Tinggi (T), pada Siklus II daya
ingat anak pada kriteria Tinggi (T) mengalami peningkatan dengan persentase
88,23% anak berhasil mencapai indikator-indikator daya ingat pada kriteria
Tinggi(T). Jadi daya ingat anak meningkat setelah dilakukan tindakan. Langkah-
langkah yang ditempuh untuk meningkatkan daya ingat anak yaitu : 1). Guru
menggunakan media dalam mengajak anak membaca dan menghafal ayat, 2).Guru
mengajak anak untuk mengulangi bacaan, 3). Guru mengajak anak bermain dan
membacakan kandungan ayat dengan bercerita, 4). Anak-anak melakukan tes
hafalan maju kedepan dan pemberian reward.
B02653 | 153.1 HER d | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain