Text
Pesantren dan pembaharuan
Menyadari kerumitan masalah kependudukan dan tuntutan pembangunan tersebut , terutama dalam hubungannya dengan upaya mencari suatu bentuk dan sistem pendidikan yang lebih sesuai dan merasa mampu mengatasi berbagai masalah, LPSES terdorong untuk melakukan observasi dan pe nelitian guna menggali berbagai sumber dan kemungkinan yang ada dalam masyarakat kita sendiri. Dalam upaya pencarian itu LP3ES antara lain bertemu dengan pondok pesantren , suatu lembaga pendidikan tradisionil agama Islam di daerah pedesaan Pulau Jawa , yang potensi dan perannya belum banyak dikembangkan untuk tujuan tersebut di atas. Sebab ternyata, pondok pesantren bukan saja merupakan suatu sub - budaya yang unik dan penting untuk dipelajari lebih dalam, tetapi juga suatu lembaga pendidikan yang relatif ter tua di Indonesia yang mampu bertahan dan terus berkembang hingga saat ini, namun juga paling sedikit diketahui umum atau paling kurang mendapat perhatian pemerintah atau kalangan pendidik.
B02884 | 297.07 PES p | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
B02885 | 297.07 PES p | Cyber Library Unas | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain