Text
Pesantren madrasah sekolah
Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, telah memainkan peran yang sangat penting dalam mendidik generasi Muslim sejak zaman penjajahan hingga saat ini. Buku ini mengupas sejarah pesantren, metodologi pengajaran yang berbasis pada pengajaran agama (tafsir, hadis, fiqh), serta nilai-nilai moral yang diajarkan kepada santri. Pesantren juga diidentifikasi sebagai lembaga yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga membentuk karakter dan etika sosial para santrinya.
Madrasah memiliki peran yang lebih formal dengan kurikulum yang menggabungkan ilmu agama dan ilmu umum. Buku ini menyoroti peran madrasah dalam memberikan pendidikan yang lebih terstruktur, yang mampu mencetak generasi Muslim yang tidak hanya menguasai ilmu agama tetapi juga ilmu pengetahuan lainnya. Buku ini juga menjelaskan bagaimana madrasah beradaptasi dengan tuntutan zaman tanpa meninggalkan akar-akar tradisional Islam.
Sekolah yang semakin banyak mengintegrasikan pendidikan agama dengan pendidikan umum juga dibahas dalam buku ini. Sebagai lembaga pendidikan yang lebih modern dan terakreditasi oleh pemerintah, sekolah memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk bersaing di dunia global, sambil tetap mempertahankan ajaran-ajaran moral dan spiritual Islam dalam keseharian mereka.
Buku ini juga membahas tantangan yang dihadapi oleh ketiga lembaga pendidikan ini, termasuk dalam hal integrasi kurikulum, pengelolaan sumber daya, dan peningkatan kualitas pengajaran agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Dengan pendekatan yang mendalam dan holistik, buku ini mengajak pembaca untuk lebih memahami bagaimana ketiga lembaga ini, dengan kekuatan dan kekhasan masing-masing, berkontribusi dalam mencetak generasi Islam yang berkualitas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan dunia modern.
B03228 | 297.64 STE p | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain