Text
Riset dan Publikasi Ilmiah : Strategi Menulis Artikel Riset dan Menembus Publikasi Berkelas Internasional Bereputasi
Buku ini sangat menarik dibaca oleh para akademisi yang berprofesi sebagai dosen, peneliti ataupun praktisi, terutama bagi anda yang sedang menempuh studi dan berkaitan dengan tulisan ilmiah. Buku ini memandu anda untuk menjadi penulis artikel ilmiah berkelas dunia, yang merupakan impian bagi para akademisi. Buku sederhana ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sebagai penulis artikel riset (research article) pada beberapa jurnal internasional bereputasi maupun pengalaman belajar yang diperoleh selama studi program doktor di Kingston University London UK tahun 2010-2015. Pengalaman sebagai mitra bersari (reviewer) pada beberapa jurnal terbitan publisher terkemuka ELSEVIER memberikan sudut pandang tersendiri dalam penyajiannya. Buku edisi pertama ini ditulis dalam sebelas bab, yang membahas tentang 1) riset dan artikel publikasi ilmiah, 2) perbedaan artikel riset dan artikel review, 3) strategi mengungkapkan judul dan abstrak, 4) seni menulis pendahuluan (Introduction) untuk mengungkapkan "mengapa topik yang dibahas menarik diteliti dan bagaimana kerangka berpikir risetnya?",5) cara menuliskan deskripsi metode (Method) yang mengungkapkan "apa yang dilakukan peneliti untuk menyelesaikan masalah riset?", 6) strategi menulis deskripsi "Results and Discussion yang menarik untuk menyatakan "apa yang ditemukan peneliti dan bagaimana temuan itu memberikan kontribusi keilmuan?, 7) cara menyarikan deskripsi "Conclusion", 8) manajemen sitasi dan sumber pustaka, 9) susunan kalimat dan penggunaan "tenses' yang tepat, 10) etika dalam penelitian dan publikasi ilmiah, dan 11) cara mengukur kualitas artikel riset dan jurnal ilmiah. Substansi buku ini diungkapkan secara ringkas, namun diyakini sangat strategis dalam memahami teknik menulis dan menembus jurnal internasional bereputasi.
Berkaitan dengan riset untuk memperoleh gelar kesarjanaan, perbedaan mendasar antara riset pada jenjang Sarjana (S1), magister (S2) dan doktor (S3) terletak pada tingkat kedalamannya. Secara sederhana, penekanan proses pembelajaran dan target riset pada tingkat S1 adalah 'menggunakan ilmu (how to use knowledge)" yang berorientasi pada pembuktian teori, S2 berfökus pada "cara mengembangkan ilmu (how to develop knowledge)' yang berorientasi pada pengembangan (development) dan inovasi (innovation), dan S3 bertumpu pada "cara menemukan ilmu (how to find knowledge)" yang berorientasi pada kreativitas (creativity) dan kebaruan (novelty). Data hasil riset yang memadai memainkan peran kunci pada kualitas tulisan ilmiah, yang akhirnya sangat menentukan layak dan tidaknya manuskrip untuk menembus jurnal internasional yang memiliki faktor dampak tinggi (high impact journals).
B25728 | 808.066 EFF r | Cyber Library Unas | Tersedia |
B25729 | 808.066 EFF r | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain