Text
Filsafat kesadaran manusia
Sistematika berdasar kesadaran itu membuat manusia menjadi sentral dari seluruh filsafat. Kesadaran manusia atas ada tidaknya Tuhan/kekuatan ghaib memberikan kajian filsafat ke Tuhanan antara lain filsafat teologi, kristologi, islam, hindu, buddha, animisme, dinamisme, ateisme, politeisme, metafisika dsb. (dalam istilah islam dikelompokkan dalam hablominallah).
Kesadaran akan alam sekelilingnya menimbulkan filsafat materi, ruang waktu, energi, dan alam/kosmologi (dalam islam dikelompokan dalam hablominalam). Kesadaran akan diri sendiri menimbulkan filsafat manusia yang akan diurai lebih panjang lebar pada seri berikutnya. (kita berikan istilah hablomindiri). Kesadaran akan lingkungan masyarakat menimbulkan filsafa humaniora seperti filsafat ideologi, ekonomi, politik, sosial, budaya, komunikas bahasa, hukum ilmu pengetahuan dan teknologi, pertahanan dan keamana dsb (dalam islam dikelompokkan dalam hablominannaas).
Sebagai catatan kuliah di Program Studi Doktor Ilmu Politik, catatan ini banyak mengacu pada berbagai sumber dari internet terutama yang terkait dengan perkuliahan. Bahan beberapa catatan diambil begitu saja tanpa mengubah kalimat/kata-katanya untuk memudahkan para peserta kuliah, namun setiap acuan yang diambil akan disebutkan nomor acuannya. Memahami beda antara filsafat dan falsafah, maka uraian tentang falsafah Jawa baik dalam bentuk tembang maupun kata-kata bijak juga disajikan. Sebenarnya kearifan lokal tidak saja terdapat di Jawa namun juga bebagai suku di bumi Nusantara ini. Keterbatasan acuan membuat pada penulisan ini belum dapat memuat kearifan dan falsafah Nusantara dari berbagai suku. Falsafah yang dituangkan dalam bentuk seni sepertti batik, keris, lukisan dan sebagainya dapat pula dipelajari. Dalam kaitan ini, kearifan yang dilukiskan dalam seni batik juga disajikan, sesuai referensi/acuan yang tersedia.
Penulisan ini akan mengalami evolusi perbaikan bergantung dari masukan yang penulis terima maupun usulan dari para pembaca. Beberapa topik diambil begitu saja dari acuan yang penulis terima dengan menyebut acuannya. Ini dimaksudkan untuk tidak mengurangi makna aslinya dan dimaksudkan untuk memotong pintas sebagai catatan kuliah bagi para mahasiswa.
B24291 | 128 SAN f | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain