Text
Etika Bisnis Islam
Etika bisnis Islam merupakan seperangkat nilai tentang baik dan buruk, benar dan
salah dalam menjalankan suatu bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip Al-Qur’an
dan Hadist serta yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Penelitian ini
berjudul penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang pasar
tradisional. Objek penelitian ini bertempat di pasar tradisional Makarti Jaya
kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana
penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang pasar
tradisional di kecamatan Makarti Jaya dan untuk mengatahui apa yang menjadi
faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan melakukan observasi langsung ke lapangan. Jenis data yang
peneliti gunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder.
Di dalam penelitian ini teknik data yang digunakan antara lain observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini
yaitu, kepala pasar, pedagang ikan, pedagang sayur, pedagang buah, dan pembeli
yang ada di pasar Makarti Jaya.
B24026 | 297.5 TRI e | Cyber Library Unas | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
B24025 | 297.5 TRI e | Cyber Library Unas | Tersedia |
B24024 | 297.5 TRI e | Cyber Library Unas | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain